Pages

Minggu, 04 Januari 2015

Mengubah Maksimum Value Select dan Edit Top Rows pada SQL Server Management Studio

SQL Server Management Studio adalah tool yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mengatur database yang tersimpan pada SQL Server.

Jika Anda adalah pengguna SQL Server Management Studio (saya menggunakan versi 2014 Express), pada context menu yang ditampilkan ketika meng-klik kanan pada table, diantara banyak pilihan yang ditampilkan, terdapat dua buah pilihan, yaitu "Select Top 1000 Rows" dan "Edit Top 200 Rows". Tujuan dari kedua pilihan tersebut sudah jelas, yaitu untuk memilih 1000 baris data teratas, dan mengubah 200 baris data teratas. Hal ini bukan masalah selama Anda memiliki tabel data yang tidak lebih dari 1000 baris.
Pertanyaannya, bagaimana jika Anda memiliki data yang lebih dari 1000 baris, sedangkan Anda ingin memilih atau mengubah seluruh baris data?
Pertanyaan yang sama juga pernah terlintas di pikiran saya ketika sedang bekerja dengan tabel data mahasiswa yang berisi tepatnya 18.696 baris data, cukup besar memang. Setelah cari sana cari sini, akhirnya saya menemukan triknya, yang ternyata cukup mudah dan telah disediakan oleh SQL SMS sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana mengganti dua buah pilihan tersebut sehingga tidak lagi memiliki batas maksimum (1000 dan 200).
1. Klik pada menu Tools,  pilih Options...
2. Setelah  jendela Options terbuka, pada menu navigasi sebelah kiri pilih menu SQL Server Object Explorer. Selanjutnya ubah value pada pilihan yang ada dalam grup Table and View Options.
  • Value for Edit Top <n> Rows command
  • Value for Select Top <n> Rows command
Anda bisa dengan mudah mengganti value sesuka hati, namun jika Anda ingin memilih dan mengubah seluruh baris data, cukup ganti nilainya dengan 0.
Sekarang, dua pilihan sebelumnya telah berubah menjadi "Select All Rows" dan "Edit All Rows".
Semoga postingan ini bisa membantu.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan share.

2 komentar:

Berikan tanggapan Anda