Pages

Sabtu, 27 September 2014

RAM Memory Channels (Single, Dual, Triple, and Quad Channel)

Dalam mekanisme penggunaan RAM pada komputer, terdapat istilah channel. Single channel, dual channel, triple channel, quad channel, dst. Pertanyaannya adalah, "Apa sebenarnya channel ini?"

Sebelum membicarakan lebih lanjut masalah channel, kita akan melihat sekilas tentang chipset yang ada pada motherboard.

Pada motherboard, ada dua chipset utama sebagai penghubung processor dengan memori utama dan periferal lainnya. Kedua chipset tersebut adalah Northbridge dan Southbridge.

Northbridge berfungsi sebagai jembatan (Bridge) antara processor dengan memori utama (RAM), Front Side Bus (FSB), Bus AGP, dan juga mengatur kerja Power Management. Sedangkan Southbridge berfungsi untuk mengatur kerja periferal lain seperti IDE ControllerPCI Bus, ROM/BIOS, dan juga perangkat-perangkat I/O seperti KeyboardMouse, USB, Ethernet LAN, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lokasi kedua chipset tersebut, biasanya Northbridge letaknya lebih dekat dengan soket CPU. Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar berikut:
Penjelasan singkat mengenai Single channel; merupakan suatu keadaan dimana jumlah modul memori (RAM) yang digunakan oleh motherboard hanya satu. Baik disebabkan karena motherboard hanya memiliki satu slot RAM saja, maupun karena hanya ada satu keping RAM saja yang terpasang.

Anda bisa saja mendapatkan mekanisme single channel meskipun Anda memasangkan dua keping RAM pada dua slot yang terdapat pada motherboard. Jawabannya akan Anda temukan di akhir pembahasan dual channel berikut ini.

Pembahasan dalam artikel ini lebih memberatkan kepada dual channel. Karena konsep dual channel ini akan menjadi dasar pengetahuan untuk channel-channel yang lain, baik triple maupun quad channel.

Dual channel adalah sebuah teknik untuk melipat gandakan kecepatan komunikasi antara memory controller dengan memori RAM. Sebelum membahas lebih jauh perihal dual channel, akan dibahas dulu mekanisme akses data ke memori RAM dan bagaimana memori RAM secara tradisional terkoneksi ke sistem.

Pengertian Dual Channel
Pengertian dual channel dalam kaitannya dengan pengetahuan RAM adalah kemampuan memory controller untuk meningkatkan lebar bus data dari 64 bit menjadi 128 bit. Pada kecepatan (clock speed) memori yang sama, teknologi dual channel secara teoritis mampu meningkatkan transfer data maksimum hingga dua kali lipat. Setiap siklus clock-nya akan mentransfer data dua kali lebih banyak dari kondisi normalnya (tanpa teknologi dual channel). Kecepatan transfer data maksimum secara teoritis atau yang dikenal dengan istilah MTTR (Maximum Theoritical Transfer Rate) sebenarnya adalah bandwidth memori itu sendiri. Jika suatu modul memori dipasangkan pada motherboard yang chipset-nya menyediakan fitur dual channel, kemudian fitur tersebut diaktifkan, maka bandwidth atau kemampuan transfer data maksimum atau kecepatan transfer data modul memori tersebut akan meningkat dua kali lipat.

Video berikut menjelaskan sekilas tentang fitur channel pada RAM


Berikutnya, perhatikan ilustrasi berikut:

Sebuah unit komputer menggunakan motherboard yang chipset-nya menyediakan fitur dual channel untuk memori. Pada motherboard tersebut dipasang dua buah modul memori DDR2 PC2-6400 (DDR2-800) yang juga memiliki dukungan untuk penggunaan dual channel. Secara teoritis, kecepatan transfer data maksimum setiap keping modul memori adalah 6400 MB/s, total untuk dua keping memori menjadi 2 x 6400 MB/s = 12800 MB/s. Jika fitur dual channel diaktifkan, maka total kecepatan transfer data maksimum kedua keping modul memori meningkat dua kali lipat menjadi 2 x 12800 MB/s = 25600 MB/s atau 25,6 GB/s.

Ilustrasi tersebut menggambarkan kecepatan transfer data secara teoritis dengan anggapan bahwa proses transfer data selalu terjadi pada setiap clock-nya. Jika kecepatan efektif DDR2-800 adalah 800 MHz atau 800 juta hertz maka akan terjadi 800 juta proses transfer data. Kenyataannya, fakta seperti ini sangat sulit terjadi. Bahkan sulit untuk mendapatkan bukti atau data otentik bahwa CPU maupun memory controller mampu 100% mentransfer data sebanyak itu (sebanyak siklus clock-nya) secara utuh dalam satu detik. Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa bila diukur atau diuji dengan mengunakan software ataupun berbagai metode yang ada, selalu didapatkan nilai kecepatan transfer maksimum yang lebih rendah dibandingkan nilai kecepatan transfer maksimum teoritisnya.

Perlu diketahui bahwa penggunaan fitur dual channel mampu meningkatkan performa memori hingga dua kali lipat. Peningkatan performa setinggi ini hanya terjadi pada memori, bukan pada performa sistem komputer secara keseluruhan. Pengaruh penggunaan fitur dual channel terhadap peningkatan performa komputer secara keseluruhan, tidak terlampau tinggi, malahan dapat dikatakan tidak begitu mencolok.


Cara Kerja Fitur Dual Channel
Modul memori yang sekarang ini beredar di pasaran umumnya memiliki lebar bus data 64 bit. Hal ini bermakna bahwa terdapat 64 saluran kabel yang menghubungkan memory controller dengan slot atau soket memori. Saluran kabel tersebut diberi tanda (label) D0 hingga D63. Seluruh saluran kabel terhubung ke seluruh slot/soket memori yang ada. Dengan demikian, bus data yang terdiri dari 64 saluran kabel dipakai bersama-sama oleh semua slot/soket memori yang terdapat pada motherboard.

Di sisi lain, sistem yang mendukung teknologi dual channel akan menggandakan bus data dari 64 bit menjadi 128 bit. Hal ini bermakna seharusnya terdapat 128 saluran kabel yang menghubungkan memory controller dengan slot/soket memori. Masing-masing saluran kabel ini diberi tanda D0 hingga D127. Oleh karena setiap modul memori hanya dapat menerima 64 bit setiap siklus clock-nya, maka diperlukan dua modul memori agar dapat menerima 128 bit secara serentak (bersamaan) untuk setiap siklus clock-nya.


Sebagai konsekuensinya, agar teknologi dual channel ini dapat berjalan dengan sempurna, diperlukan setidaknya sepasang memori (dua buah modul memori) yang identik, yaitu memiliki kecepatan, kapasitas, dan timing (latency) yang sama, yang terpasang paralel pada motherboard dan dapat diakses dalam waktu yang sama. Teknologi dual channel tidak akan berfungsi jika pada motherboard hanya terpasang satu buah modul memori 64 bit.

Mengaktifkan Fitur Dual Channel
Tidak semua komputer dilengkapi fitur teknologi dual channel. Fitur ini hanya terdapat pada komputer-komputer tertentu yang memiliki fasilitas sebagai berikut:
  • Memory controller menyediakan dukungan penggunaan teknologi dual channel. Pada PC berbasis Intel, memory controller ini terdapat pada chipset di motherboard, sedangkan pada PC berbasis AMD, memory controller terdapat dalam chip CPU. Prosesor atau CPU AMD yang menggunakan soket 939, soket 940, soket AM2, soket AM2+ dan soket F(1207), umumnya menyediakan dukungan terhadap penggunaan teknologi dual channel.
  • Jumlah slot memori pada motherboard harus lebih dari satu (sedikitnya harus tersedia dua slot). Jika hanya tersedia satu slot, fitur dual channel tidak akan dapat diaktifkan.
  • Terdapat dua atau empat keping modul memori (DDR, DDR2 atau DDR3) yang identik dan kompatibel dengan fitur teknologi yang didukung oleh motherboard (chipset) dan CPU yang digunakan. Jika hanya terdapat satu modul memori, maka fitur dual channel tidak dapat diaktifkan.
Jika sebuah unit komputer dirancang menggunakan RAM berkapasitas total 2 GB, sebaiknya menggunakan dua keping modul memori yang identik dan masing-masing berkapasitas 1 GB. Jika jumlah slot memori pada motherboard lebih dari dua slot, pasangkan modul memori tadi pada slot nomor ganjil saja atau genap saja. Jika terdapat petunjuk warna pada slot tersebut, pasangkan modul memori pada slot yang berwarna sama. Cara seperti ini lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan modul memori tunggal berkapasitas 2 GB. Sebab, penggunaan dua keping modul memori seperti yang dijelaskan tadi, dapat mengaktifkan fitur dual channel, sehingga bandwidth atau kecepatan transfer data maksimum modul memori dapat ditingkatkan hingga dua kali lipat. Sedangkan penggunaan satu keping modul memori yang lebar bus data 64-bit tidak dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur dual channel. Dengan sendirinya, bandwidth maupun kecepatan transfer data maksimum tidak dapat ditiingkatkan seperti penggunaan dua keping modul memori.

Agar lebih jelas, perhatikan gambar-gambar berikut:
Slot memori yang mendukung dual-channel.
Letakkan sepasang modul memori pada warna yang sama.
Motherboard ini juga mendukung fitur dual channel memory.
Perhatikan bahwa slot memori memiliki warna yang sama: merah.
Motherboard ini hanya mendukung fitur single channel. Meski memiliki dua slot, namun warna slot tersebut menunjukkan bahwa kedua slotnya beroperasi pada channel terpisah.

Gambar di atas menunjukkan pemasangan dua modul memori pada channel yang berbeda, perhatikan bahwa memori tersebut dipasangkan pada slot biru dan ungu. Jika masing-masing memori tersebut berkapasitas 1 GB, maka Anda hanya akan mendapatkan total 2 GB yang beroperasi dalam mekanisme single channel. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur dual channel, maka pasangkan kedua modul memori pada channel yang sama (slot biru saja atau slot ungu saja).

Triple Channel, merupakan pengembangan dari dual channel. Biasanya fitur ini terdapat pada motherboard yang berkelas. Pada konfigurasi triple channel, Anda harus memiliki tiga buah modul memori yang identik pada channel yang sama (perhatikan kode warna slotnya).
Gigabyte G1-Killer; G1-Assassin, salah satu motherboard yang mendukung fitur triple channel.
Jika Anda memiliki 4 buah modul memori identik, sebaiknya pasangkan 3 keping saja agar kinerja komputer lebih balance dan stabil. Jika Anda bertanya, "Yang satu keping lagi bagaimana?". Sebaiknya simpan, barang kali Anda berencana melakukan upgrade dengan membeli motherboard yang mendukung quad channel. Atau jual saja dengan teman Anda yang membutuhkan.

Quad Channel, biasanya juga terdapat pada motherboard high-end yang memiliki performa handal. Motherboard yang mendukung fitur quad channel memiliki 8 buah slot memori, dimana 4 slot memiliki warna yang sama, dan 4 slot lagi berwarna lain.

Untuk mengaktifkan fitur quad channel, Anda harus memiliki 4 buah modul memori dan dipasangkan pada slot yang juga memiliki warna yang sama.
Asus Rampage IV Extreme, contoh motherboard yang mendukung fitur memori quad channel.

Berikut ini ada beberapa gambar motherboard yang barangkali belum pernah Anda lihat sebelumnya karena memiliki penampilan yang tidak biasa:
Terdapat 2 soket prosesor dan 8 slot RAM.
6 slot beroperasi pada channel yang sama (warna biru), dan 2 slot di channel berbeda (warna hitam).
Memiliki dua soket prosesor dengan 12 slot RAM.
Memiliki dua soket prosesor dengan 12 slot RAM.
Motherboard dengan 4 soket prosesor dan 16 slot memori.

Semoga bermanfaat
***
Jika artikel ini bermanfaat, silakan share.
_________________
Dikutip dari berbagai sumber.

76 komentar:

  1. Agan, sungguh, saya tak faham elektro.. :-(

    BalasHapus
  2. Terima kasih, sang at bermanfaat. Keep it up.

    BalasHapus
  3. gan klo slot 1 dikasih 1gb,trs 1 lg 2 gb gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bisa gan, kalau mau aktifkan dual channel maka ram harus kembar identik

      Hapus
  4. Hai gred dian,
    Selama komputer dapat beroperasi normal, itu nggak masalah, baik ketika kedua modul RAM punya speed yang sama maupun beda. Kalau speed-nya beda (misal: 1GB=533MHz dan RAM 2GB=667MHz), secara otomatis RAM yang speed-nya 667MHz akan beroperasi dalam frekuensi 533MHz agar seimbang.

    Tapi kalau sistem bermasalah, sebaiknya gunakan salah satu modul saja. Atau beli modul RAM yang identik.
    Masalah biasanya disebabkan karena mainboard yang nggak support dengan konfigurasi RAM seperti itu.

    Kalau seandainya salah satu modul RAM nggak terdeteksi, coba slotnya ditukar, pengalaman saya, itu berhasil.
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan saya pake ddr2

      4 slot

      Kalo 3 keping 2gb 1 keping 1gb
      Gimana tuh?

      Atau yang di pasang 3 keping 2gb saja
      Apa dual channel nya aktif?

      Hapus
  5. klo Mobonya Triple Channel, tp qta punya memori Dual Channel, apakah bisa di pasangkan...?
    klo bisa hasil nya akan Dual Chanel juga apa terbaca Single...?
    mohon pencerahannya mastah

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAM dual channel dapat dipasangkan di mobo triple channel, quad channel ataupun yang lebih tinggi lagi. Hanya saja tetap diperhatikan penempatannya di slot yang tersedia, tempatkan kedua modul memori di slot yang memiliki warna yang sama.

      Namun jika dipasangkan di slot yang kode warnanya berbeda, maka status channel RAM akan terdeteksi sebagai single channel.

      Semoga bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
    2. numpang nanya nih gan..,, kalau motherboard yg mempunyai 4 slot untuk memori tp di slotnya mempunyai 2 warna abu2 dan 2 warna hitam (asus z170 pro gaming) apakah mobo itu bisa dipasangkan yg quad channel? Thx..

      Hapus
    3. gak bisa gan, terbaca tetap dual channel karena mobonya dual channel
      kasus agan serupa dengan saya

      Hapus
    4. Mobo Asus Z170 Pro Gaming hanya mendukung mekanisme Dual-Channel Memory, silahkan lihat detil spesifikasinya di:
      https://www.asus.com/Motherboards/Z170-PRO-GAMING/

      Hapus
  6. MB type P45, Proci e6550/1333 dengan RAM 2xDDR2 2gb / 800.
    1.bagaimana perhitungannya jika FSB Proci dan RAM berbeda 1333 : 800?
    2. mampukah ram bekerja dengan proci 1333?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari spesifikasi yang Anda sebutkan, sebenarnya chipset Intel P45 sudah mendukung FSB 1333/1066/800 MHz dengan dukungan memori DDR2 667/800 dan DDR3 800/1066. Jadi seharusnya tidak akan terjadi masalah jika dipasangkan memori DDR2 800.
      Info lebih lanjut: http://ark.intel.com/products/35133/Intel-82P45-Memory-Controller-Hub

      Namun sebelum melakukan upgrade, sebaiknya lihat keterangan yang tertera pada kotak kemasan, buku manual, atau pada mobo itu sendiri.
      Supaya terhindar dari masalah apapun yang nantinya dapat terjadi.

      Semoga pertanyaannya terjawab, terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  7. Sungguh bermanfaat ini blog, penjelasan yg detail dan disertakan dgn gambar yg membuat newbie sprti saya dgn mudah memahami, thx buat adminya,

    BalasHapus
  8. Gan, saya pnya 3 pertanyaan,
    1. Mobo yg support dual channel itu agar teknologi dual channel nya aktif harus pakai memory yg type kit atau hanya memory biasa dgn spesifikasi yg identik jg bisa?

    2. Mungkin gak gan Mobo Asrock G41 ane punya warna dimm yg sama (2 dimm) tetapi ga support channel?

    3. Fitur dual channel aktif otomatis apabila kita pasang dgn slot yg satu warna atau ada pengaturan/pengaktifan fitur dual channel pada bios/jumperan mobo gan?

    Maaf ane newbie gaptek jd banyak tanya gan,
    Thx mas admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Menurut pengalaman pribadi, fitur dual channel bisa diaktifkan dengan dua modul memori identik (bukan kit) dan tak ada masalah. Tapi akan lebih baik jika menggunakan dual channel kit yang tentu sudah melewati tahapan uji coba sebelum dipasarkan.

      2. Jika slot memori memiliki warna yang sama, sudah jelas mendukung fitur dual channel. Namun untuk lebih jelasnya silakan lihat keterangan yang tertera pada mobo yang bersangkutan, manual book atau packing box. Mobo Asrock G41 sendiri punya beberapa varian, yang mungkin ada perbedaan fitur. Untuk Asrock G41M-VS3 sila kunjungi: http://www.asrock.com/mb/Intel/G41M-VS3/.

      3. Tidak dibutuhkan pengaturan apapun pada BIOS maupun pada mobo itu sendiri. Jika mobo sudah mendukung fitur dual channel, dan Anda juga memiliki dua modul memori yang terpasang pada slot yang tepat, then you're good to go.

      Semoga bisa membantu, terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  9. Gan klo Ram Kit yg PC15000 itu dicolok ke G41 apakah support?
    Soalnya ane paling tinggi cuma nyoba ke pc12800 doang, rencana mau upgrade kalau support
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Support atau tidak sebaiknya Anda langsung melihat pada detail spesifikasi mobo yang dipakai. Bisa dilihat pada buku manual, boks kemasan, atau pada mobo itu sendiri. Dapat juga dengan mengunjungi situs resmi pembuat mobo tersebut.

      Hapus
    2. oh iya gan, apakah gk crash dumbping memory kalo over frequensi melebihi mobonya??? ijin tanya

      Hapus
  10. Kyk pertanyaan sblmnya:
    Klo procie nya fsb di 1333 sedangkan mobo hanya support 1066 (default) apakah fsb procie ngikut yg mobo? Sbnrnya mobo support 1333 tp by OC ( fitur bios memang mendukung OC dan saya g mau soalnya cuma kerja biasa (kadang ngegame sih macam COD ato Crysis hee....).

    Spek: Mb Gigabyte G41 combo, procie Q9550, ram 2x2gb pc 12800/ 1333 ( default jalan di 1066 krn kudu by OC klo mo di 1333).
    Nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Fajar,
      Dengan spesifikasi yang disebutkan, tidak akan ada masalah jika FSB pada processor berbeda dengan FSB pada mobo.
      Karena FSB pada mobo lebih rendah dibandingkan pada processor (secara default), maka secara otomatis sistem akan berjalan menggunakan spesifikasi FSB dari mobo.

      Jika memang ada rencana untuk OC, saya sarankan sebaiknya untuk sangat berhati-hati, karena jika terjadi kesalahan akan merusak komponen komputer Anda.

      Semoga bisa membantu.
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  11. bantu jawab ya suhu..
    RAM ane awalnya Corsair DDR3 Vengeance Blue PC12800 4GB (1X4GB) - CMZ4GX3M1A1600C9B. trus rencananya mau tambah 4GB lagi biar 8GB. tapi cari RAM Corsair DDR3 Vengeance Blue PC12800 4GB (1X4GB) - CMZ4GX3M1A1600C9B gak ada, udah keliling2 gak ketemu... yang ada Corsair DDR3 Vengeance Black PC12800 4GB (1X4GB) - CMZ4GX3M1A1600C9. jadi pertanyaannya..
    1. bisa nggak Corsair DDR3 Vengeance Blue PC12800 4GB (1X4GB) - CMZ4GX3M1A1600C9B dikawinin ama Corsair DDR3 Vengeance Black PC12800 4GB (1X4GB) - CMZ4GX3M1A1600C9?
    2. apakah bisa dual channel? (mobo ane ECS-H81H3- M4). ane lihat specs di corsair yang vangeance blue Memory Configuration= Dual Channel. sedangkan yang vangaence black Memory Configuration= Single Module.
    3. biar ketahuan bisa dual channel, gimana liatnya?

    trims sebelunya suhu.. salam hormat. trimssss


    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kalau dari pengalaman saya sih bisa. Namun sebaiknya dilihat dulu detil spesifikasi mobo yang dipakai. Saya sendiri pernah memasang modul memori dengan kapasitas, speed dan merek yang berbeda dan syukur tidak terjadi masalah apa-apa.

      2. Kalau memang seperti itu keterangan yang tertera, maka ada kemungkinan tidak cocok.

      3. Biasanya akan tampil saat P.O.S.T. (Power-On Self Test) yang akan muncul saat komputer boot-up. Dapat juga dari BIOS, namun itu juga tergantung merek BIOS-nya. Kalau saya pribadi lebih suka dengan aplikasi CPU-Z (http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html). Aplikasi ini free dan banyak dipakai oleh teknisi karena informasi yang ditampilkan sangat akurat.

      Semoga dapat membantu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  12. mas gilang, ane mau tanya.. mobo ane dual chanel dengan 4 slot ram.. dari 4slot msing2 memiliki 2 warna yang sama, nah saya punya 4 keping ram, saya pasangkan ke 4 slot tersebut, tapi kenapa komputer saya waktu start tidak ngangkat ke bios yah>?
    ram pnya nae Vgen 2gb pc 6400, vgen 1x512 pc 5300, hp 2x1gb pc 6400.. sekian mohon di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja tidak kompatibel karena merek, speed, dan kapasitas yang semuanya berbeda.
      Coba guunakan saja RAM HP 2x1GB PC-6400, dan pasangkan di slot berwarna yang sama.
      Kalau memang ingin menggunakan keempat slotnya, saya sarankan untuk membeli RAM Quad Channel kit yang berisi 4 modul yang identik, atau membeli Dual Channel kit sebanyak dua set yang juga memiliki detil spesifikasi yang sama.
      Semoga bisa membantu.

      Hapus
  13. Bro, mau tanya, untuk sdram ddr4 kok ga ada keterangan PCnya ya ? Hanya ada keterangan MHz-nya, apakah PC dengan MHz mempunyai definisi yg sama ?

    BalasHapus
  14. Tanya dong mas? Kalo RAM dual channel CORSAIR VENGEANCE
    CMZ8GX3M2A1600C9B
    DDR3 8GB (2x4GB), tapi cuman di pasang 1 buah aj ap bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa difungsikan, hanya saja RAM akan beroperasi dalam single channel mode. Jika tersedia dua slot, sebaiknya pasangkan keduanya. Akan lebih baik jika dipasang keempat modulnya (jika motherboard mendukung).

      Hapus
  15. Mas, saya mau tanya, kan laptop saya hp 14 af118au, nah laptop tersebut itu hanya support untuk single channel saja, tetapi slot ramnya ada 2, untuk ram bawaannya ddr3l berkapasitas 4gb, yang mau saya tanyakan, agar laptop saya performanya lebih baik dan meningkat, apa sebaiknya saya beli ram 4gb lagi untuk slot ram satunya atau saya updgrade ram bawaaannya jadi 8gb? Saya juga mau tanya apa ada efek perbedaan dari 2 slot ram 4gb berjalan disingle channel dan 1 slot ram 8gb sama juga single channelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengganti RAM bawaan menjadi 8GB, atau mengisi slot yang kosong dengan RAM 4GB, saya rasa sama saja :), mengingat konfigurasi Single-Channel yang ada, namun saya yakin bahwa performa pasti akan tetap meningkat.
      Sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki, mengingat RAM 8GB harganya lebih mahal.

      Hapus
  16. mau tanya Gan....
    yg terpasang di PC sy 4 modul RAM masing-masing 4Gb QC, total 16Gb. rencana mau updrade 32Gb. ada dua pilihan:
    (1). beli 4 modul RAM lagi yg identik dg RAM sebelumnya, sehingga menjadi 8 modul total 32Gb.
    (2). beli 4 modul RAM masing-masing 8Gb, total 32Gb.
    utk pilihan (1) lebih murah krn 4 modul RAM yg lama masih terpakai.
    utk pilihan (2) lebih mahal dan 4 modul RAM yg lama tdk terpakai lh.
    dr dua pilihan tsb, dg mengabaikan murah/mahalnya, menurut Agan mana yg dpt lebih meningkatkan performa.
    trimakasih banyak atas sarannya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, sebaiknya pilih opsi pertama :)

      Hapus
  17. Mas sya mau tanya nih rencana mau beli mobo dgn 4 slot ram dua warna yg sama trus sya udh punya ram ddr3 yg udah bisa di dual chanel, sya mau nambah lagi pake merk sama speed sma tapi kapasitas beda mau nyari yg 8gb bisa di pake ga ya ato ngefek apa gitu? Trims jawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman pribadi, kasus seperti itu bukan masalah, artinya RAM tetap dapat beroperasi.
      Namun untuk kehati-hatian, sebaiknya cari dulu informasi tentang mobo yang dipakai dalam hal dukungan RAM yang dapat dipasangkan.

      Hapus
  18. Maksud nya modul RAM Identik dan Modul RAM kit ?
    Masih baru soal komputer

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAM identik RAM yang tipe, timing, kapasitas, dll yang sama
      RAM kit RAM pasangan atau satu set atau single tp banyak isi

      Hapus
  19. Artikelnya bagus..dan bermanfaat...,akasih

    BalasHapus
  20. mas saya mau tanya , saya mempunyai mobo ASUS P5P43TD dengan spek memory :
    Dual-channel memory architecture
    -4x240-pin DIMM sockets support unbuffered non-ECC DDR3 1600 (O.C)/1333/1066/800MHZ
    -Supports up to 16GB system memory

    yang saya mau tanyakan , apakah mobo bisa memakai ram 4x1 pc12800/1600mhz ? saya kurang begitu paham maksud dari spek memory di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1600(O.C) itu maksudnya setelah di overclock, stabil nggak itu motherboard setelah di OC, kl nggak pilh yg normal2 aja jalan di 1333(PC3-10600), OC itu bs memperpendek umur PC kl komponennya nggak bagus terus pendinginan yg nggak baik.

      Hapus
  21. Gan mau tanya, kan ane puny ram 4 keping jenis nya sama smua, tp mobo nya warna hitam 2 merah 2 ane pasangin semuanya, itu ttp jadi fitur nya dual channel kah walaupun terbacanya 8gb?

    BalasHapus
  22. Gan mau tanya, kan ane puny ram 4 keping jenis nya sama smua, tp mobo nya warna hitam 2 merah 2 ane pasangin semuanya, itu ttp jadi fitur nya dual channel kah walaupun terbacanya 8gb?

    BalasHapus
  23. Gan, numpang tanya, saya punya laptop asus x450ld tapi gak tau dual channel apa nga, ram bawaan ddr3l 4gb pc12800 low voltage ntah merk apa, karena slot ramnya ada 2, jadi saya mau beli merk teamelite ddr3l pc12800 low voltage 8gb, apakah bisa berjalan normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu bisa pakai software CPU-Z file nya kecil dan pilih yg portable biar nggak perlu install, di tab Memory nanti terbaca apakah dual channel atau tidak.

      lihat spec laptop kamu di situs asus dan max memory yg bs dipasang 8 Gb https://www.asus.com/Notebooks/X450LD/specifications/ kl mau pasang max supportnya berarti kamu beli yg 4 Gb.


      Hapus
  24. Sy mau tanya nih.. msh penasaran krna belum dpt jawaban dari komen2 yg sy baca, jdi ginih.. Mobo bawaan suport dual channel dan jika ram bawaan pabrik 2GB DDR3L PC12800.
    lalu sy ingin upgrade nambah RAM lagi 8GB beda merek, tapi tipe sama DDR3L PC12800.. nah apa itu bisa berjalan dual channel.. jdi totalnya ram 10GB.. apa bermasalah atau tidak? Secara beda size terlampau jauh 2 dan 8 (dan juga beda merek).. apakah fungsi Dual channel akan tetap/bisa berjalan? Terimakasih jika berkenan bantu menjawabnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dual channel itu diakses dalam waktu yg sama dan harus identik (sama kapasitas, timming, clock rate)

      sebaiknya kamu beli yg 4 gb atau 8 gb dua keping memory terus merek yg sama dan kapasitas yg sama biar dual channelnya berjalan.

      kalau kamu mau 2 gb skrg tetap dipakai beli lagi 2 gb dg tipe yg sama, kl dpt satu merek lebih baik kl nggak cari tipe yg sama.

      Hapus
    2. jadi fitur dual chanel aktif ketika 2 ram sama merk, sama kapasitas, sama timming, dan speed aja. atau hanya sama kapasitas, timming, speed tapi boleh beda merk?

      Hapus
    3. ya benar semuanya harus sama beda merek maksudnya biar jgn repot atau takut nggak saama aja. Beda merek boleh aja.

      Hapus
  25. Maaf mas kontennya menarik , jadinya saya nanya deh !! Heheheh
    Pc saya DELL OPTIPLEX 7010 dengan intel i3 3240 ... saya kan mau beli RAM ,tapi saya bongkar pc saya, trus saya liat pc saya ram nya bermerk samsung "DDR3 2GB PC3-12800U" saya cari ditoko online gak ada , trus saya nemunya RAM yang bermerk "4 GB DDR3 PC3-12800" tapi di 12800 nya belakangnya gak ada U nya trus di online saya liat ada bacaan AMD system only DDR3 PC3-12800 , kira2 bisa gak gan di pc saya .. mohon dijawab ya gan !! Liat blog sana sini pada kacang semua ,saya liat agan komunikatif jadinya saya nanya agan ajja !! Thanks admin !!! Kira2 kompatibel gak gan bermasalah gak kalo pake System AMD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari huruf "U" tersebut adalah siingkatan dari "Unbuffered". Berbeda dengan "R" (Registered). Huruf R itu menunjukkan bahwa modul memori tersebut memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memroses sinyal yang diterima. Ada atau tidaknya huruf U dalam penamaannya, saya rasa itu bukan masalah besar, karena itu merupakan fitur unggulan dari modul RAM itu sendiri.

      Namun jika terdapat keterangan "AMD System Only" maka sebaiknya jangan dipasang pada sistem Intel. Kalau hanya sekedar tidak terdeteksi sih nggak masalah, tapi kalau komponen PC malah rusak, itu lain cerita :)

      Sebaiknya lebih hati-hati dan cermat dalam membeli, demi menghindari pengeluaran yang lebih besar yang seharusnya bisa dihindari. Terima kasih...

      Hapus
  26. gan mohon dijawab ya 2 pertanyaan saya

    1.
    slot 1 = 4gb
    slot 2 = 2gb

    di bios, di system, dxdiag kebaca 4gb
    tapi kalo pake aplikasi speecy,cpu z dll kebaca 6gb
    itu npa ya?

    2. saya punya procie i5 760 (1156) trus saya mau ganti mobo
    apa harus socket 1156 juga atao gmana..kurang paham gan, apa bisa ke 1155?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba lihat detil RAM di Task Manager. Kalau di sana terbaca 6GB, mungkin ada masalah di pembacaan BIOS. Tapi kalau di Task Manager juga hanya mendeteksi 4GB, coba ditukar posisi modulnya, slot 1 untuk 2GB dan slot 2 untuk 4GB. Jika masih sama, coba cari informasi mengenai spesifikasi teknis dari mobo yang dipakai.

      2. Jika mau ganti mobo, socket proc juga harus sama, dalam hal ini harus LGA1156 juga.

      Hapus
  27. mau tanya mas,

    mobo sy Q9550 + Mobo GA P43T-ES3G ada fitur dual channel, slot memory ada 4,
    sy pakai memory 2 keping single channel 1333mhz, di slot 1 dan 3, merk sama, dan terbaca dual channel di cpuz,
    yg mau saya tanyakan :
    1. misal sy mau tambah memory, harus di isi di 2 slot kosong, dengan frekuensi yg sama juga seperti 2 memory sebelumnya yg sudah terpasang ?
    2. atau bisa hanya 1 slot saja dengan frekuensi yg sama ?
    Thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya bisa dilakukan dan sepertinya tidak akan ada masalah.

      Hapus
  28. gan ini kan di bios tulisan single channel apa bisa di ubah ke dual? soalnya slot buat colok ram ada 2 gmn tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba perhatikan warna slot memorinya, dan ada berapa modul memori yang terpasang. Silahkan diperhatikan lagi ulasan artikelnya.

      Jika slotnya hanya memiliki mekanisme Single-Channel, mohon maaf, tidak bisa diubah menjadi Dual-Channel. Silahkan cari informasi teknis mengenai mobo yang Anda gunakan.

      Hapus
  29. Gan Merk Laptop Saya HP, Modelnya Kira"
    HP 14-ac188tu .Ram 4 Gb Ddr3l sdram. Saya Udh Download CPUID tp gk terlalu ngerti isinya.
    1.Apakah Laptop Itu Bisa Dual Channel?
    2.Kan Ram awal 4gb, apakah bisa ditambah ram 8 gb =12 GB.
    3.Apakah Support Dual Ram?
    4. Apakah dual ram dengan Dual Channel Beda? Kalau beda, beda dari mananya.
    Terima Kasih Banyak:)

    BalasHapus
  30. info yang bermanfaat
    thanks!

    BalasHapus
  31. FSB:DRAMM perbandingannya 1:16,maksudnya apa itu gan?

    BalasHapus
  32. gan saya kan punya mobo dual channel 2 slot udh terpakai dengan yg identik, kalo mau di tambah 2 lagi dengan dual channel yg kit beda merk bisa gak?
    contoh yg identik vgen 4gb 2 buah
    terus mau tambah lagi 2 dengan ram ocpc xtreme 2x4 gb dual channel apa itu bisa?

    BalasHapus
  33. mobo saya terdapat 4 slot ram
    - saya lg pake ram 4gb single channel g-skill ddr3-1600
    - rencana mau beli 8gb 2x4gb dual channel (identik)corsair ddr3-1600

    pertanyaan;
    1. Kl seandainya saya pasang ketiga ram tersebut penjelasannya gmn?apakah akan menjadi 12gb maksimal?
    2. Atau lebih baik saya pasang 8gb 2x4gb (identik) saja

    BalasHapus
  34. Ane mau tanya nih, ane pake mobo Wearnes premier 8310L-D1, sebelumnya ane pake dual ram masing² 1gb pc 5300 dan pc 6400, awalnya normal sekitar sebulan trus tiba² blankscreen pas di nyalain, ketika ane cabut salah 1 ram nyala lagi normal . Itu masalahnya kenapa ya? Dan akhir² ini selalu restart disertai bluescreen dengan log error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) . Apakah ada masalah di ram nya?

    BalasHapus
  35. Gan saya punya mobo support quad channel ddr3. saya mau bikin ram saya menjadi 8gb. lbh bagus menggunakan dual channel ram atau quad channel ram gan ? kalau dual channel ram brarti ramnya 4gbx2, dan quad channel brarti ramnya 2gbx4. nah lebih bagus menggunakan yg mana gan dalam segi speednya ?

    BalasHapus
  36. Gan...mau tanya PC saya mobo asus P5q pro, prosessor E5500, OS 32 bit..yang ditanyakan apakah bisa menjalankan.dual.channel.., atau perlu jual merubah os dari 32 bit ke 64 bit..atas jawabannya disampai terimakasih

    BalasHapus
  37. Gan numpang nanya gimana ya gan kalo kita cabut ram lama 4gb terus kita pasang yg baru 2 gb itu bisa ga gan?Soalnya yg 4gb nya mau dipasang ke laptop satu lagi karna kembar ramnya

    BalasHapus
  38. Gan numpang nanya gimana ya gan kalo kita cabut ram lama 4gb terus kita pasang yg baru 2 gb itu bisa ga gan?Soalnya yg 4gb nya mau dipasang ke laptop satu lagi karna kembar ramnya

    BalasHapus
  39. Gan numpang nanya nih.
    Mobo ane dipasang ddr3 4gb 10600 + 2g 10600 normal jadi 6gb.

    Ane mau pasang di pc yg 1 lagi. Tapi ramnya yg satu 12800 satu lagi 10600. Masih bisa running ga?

    BalasHapus
  40. Sangat gamblang dan rinci, terimakasih atas penjelasan yang telah dipaparkan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua...
    Di tunggu penjelasan-penjelasan yang selanjutnya.
    Sukses selalu (y)

    BalasHapus
  41. kalo spek procie 2 channel terus ram di pasang 4 keping bisa berjalan semua atau hanya bisa 2 ?

    BalasHapus

Berikan tanggapan Anda