Pages

Senin, 05 Januari 2015

Step by Step Instalasi Visual Studio Community 2013

Beberapa waktu lalu, Microsoft Corporation telah meluncurkan beberapa versi terbaru dari Visual Studio, salah satunya ialah Visual Studio Community 2013. Namun saya baru sempat membahasnya saat ini.
Bagi Anda yang belum tahu, Visual Studio adalah tool Integrated Development Environment (IDE) dari Microsoft. Software ini biasa digunakan untuk mengembangkan program-program komputer Microsoft Windows, diantaranya ialah membangun website, web application, web services, dan sebagainya.
Selain itu, Visual Studio (VS) juga mendukung beberapa bahasa pemrograman, diantaranya: C, C++, C#, F#, VB.NET, Phyton, Ruby, HTML5, XML, JavaScript, dan CSS. VS juga dapat digunakan untuk pemrograman web yang mendukung ASP.NET, Node.js, dan JavaScript.
Tidak hanya sampai disitu, dengan menyertakan tool Apache Cordova dan Unity, VS juga mendukung untuk mengembangkan aplikasi mobile, seperti Windows Phone, iOS, dan Android.
Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang disertakan dalam VS, dan akan memakan banyak waktu jika membahasnya satu persatu.

Anda dapat men-download Visual Studio melalui situs: http://www.visualstudio.com/downloads/download-visual-studio-vs. Di halaman tersebut disediakan link download untuk seluruh versi VS, termasuk versi Community 2013.
Jika Anda ingin meggunakan versi Community 2013, klik pada pilihan Community 2013 with Update 4. Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada pilihan instalasi. Anda dapat meng-install-nya secara online dengan mengklik Install now, atau Anda juga diperbolehkan men-download stand-alone installer berbentuk file .iso dengan meng-klik pilihan DVD5 ISO image.
Jika Anda memutuskan untuk men-download file iso, maka sebaiknya Anda bersabar, karena ukuran file-nya cukup besar, sekitar 6,8 GB.

Sebelum Anda menginstalnya, ada baiknya memperhatikan dulu kebutuhan minimum sistem yang diperlukan (sumber: Visual Studio):
Sistem Operasi: Windows Server 2008 R2 SP1 (x64) | Windows Server 2012 (x64) | Windows Server 2012 R2 (x64) | Windows 7 SP1 (x86 & x64) | Windows 8 (x86 & x64) | Windows 8.1 (x86 & x64)
Hardware:
  • Clock-speed prosesor 1.6 GHz
  • RAM 1 GB
  • HDD 5400 RPM
  • Ruang HDD 20 GB (Meskipun hanya 9 GB saja yang digunakan oleh VS)
  • VGA card mendukung DirectX 9 pada resolusi layar 1024x768.
  • Minuman dan camilan untuk mengisi waktu sambil menunggu proses instalasi.
Berikut adalah langkah-langkah proses instalasi Microsoft Visual Studio Community 2013 untuk stand-alone installer.
1. Setelah file ter-download, ekstrak file menggunakan program winRAR atau sejenisnya, lalu jalankan file vs_community.exe.

2. Isi checkbox I agree to the License Terms and Privacy Policy. Lalu Next.
3. Pilih fitur-fitur apa saja yang ingin di-install. Jika bingung, biarkan saja sebagaimana default, dan langsung saja klik INSTALL. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Karena prosesnya cukup lama, silahkan tunggu sambil minum dan makan camilan yang sudah disiapkan.
4. Setelah muncul pesan Setup Completed!, langsung saja klik LAUNCH.
5. Jika Anda sudah memiliki account di Microsoft, silahkan klik Sign in. Jika tidak punya, klik Not now, maybe later.
6. Jika Anda memiliki account di Visual Studio dan ingin menyimpan project Anda di sana, silakan isi account Anda dan klik Continue, jika tidak, klik Not now, maybe later.
 7. Selanjutnya akan muncul jendela untuk mengonfigurasi Development Settings dan color theme. Untuk Development Setting, silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan VS Community 2013 ini.
8. Setelah selesai, maka Visual Studio akan menampilkan halaman Start page.
9. Berikutnya, Anda tinggal klik New Project untuk membuat project  baru, atau Open Project untuk membuka project yang sudah Anda miliki.
Tampilan jendela New Project

Semoga postingan ini bisa membantu Anda. Terima kasih.
Jika artikel ini bermanfaat, silakan share.

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan Anda